UGM MangaFest 9 Yogyakarta

ikuzoEventsLeave a Comment

Pada tanggal 26-27 Oktober 2019, IkuZo! mendapat kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan event MangaFest 2019 yang diadakan di Jogja Expo Center, Yogyakarta atau yang disingkat JEC.

Di UGM MangaFest, ini selain membuka booth, IkuZo! juga menjadi pemateri untuk sesi workshop “Membuat Karakter Dengan Bertemakan Nusantara”. Di dalam workshop yang dihadiri puluhan peserta ini, Arya sensei selaku key speaker memberikan banyak tips and trick yang bisa digunakan oleh para peserta untuk menciptakan karakter dengan tema nusantara, mengingat melimpahnya keaneka-ragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

(Arya sensei sedang menjelaskan materi dalam workshop – IkuZo! Dokumentasi 2019)

Workshop ini berlangsung selama hampir 2 jam dari yang awalnya 1,5 jam. Peserta banyak mendapatkan ilmu dari Arya sensei, terutama berbagai pengetahuan seputar meciptakan karakter.

(Para peserta workshop sedang menggambar karakter – IkuZo! Dokumentasi 2019)

Para peserta juga banyak bertanya dalam sesi Q&A yang diadakan. Mereka umumnya menanyakan bagaimana menciptakan karakter yang unik, bagus dan original atau yang berbeda dari yang lain. Namun ada juga peserta yang menanyakan perihal hubungan antara kebudayaan dengan karakter dan bagaimana membangun sebuah karakter yang pas dengan kebudayaan yang ada.

(Peserta workshop yang sedang bertanya kepada Arya sensei – IkuZo! Dokumentasi 2019)

Di akhir acara workshop, peserta, panitia serta Arya sensei berfoto bersama. Sementara itu, bagi peserta yang penasaran tentang informasi belajar di IkuZo!, kemudian langsung mendatangi booth kami. Selain untuk mencari tahu info-info program yang dimiliki oleh IkuZo!, mereka juga bertanya kembali mengenai gambar atau konsultasi kepada sensei di IkuZo! yang sedang bertugas yaitu Nara sensei dan Adhit sensei.

Selain untuk mencari tahu info-info program yang dimiliki oleh IkuZo!, mereka juga bertanya kembali mengenai gambar atau konsultasi kepada sensei di IkuZo! yang sedang bertugas yaitu Nara sensei dan Adhit sensei.

Acara yang berlangsung sangat meriah ini mendatangkan banyak sekali bintang tamu serta penggiat di bidang industri kreatif, baik yang berada di Yogyakarta maupun yang berada di Bandung dan Jakarta pun terbilang cukup sukses. Banyak pengunjung dan juga masyarakat umum yang semakin teredukasi dengan industri kreatif yang semakin berkembang dan menjadi salah satu program pemerintah saat ini.

(Para peserta workshop dengan hasil karya mereka – IkuZo! Dokumentasi 2019)

Demikian liputan IkuZo! di UGM MangaFest 2019. Sampai bertemu di UGM MangaFest 2020 nanti!

“IKUZO! – YUME NI MUKATTE“

-MARI MERAIH MIMPI-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *