IkuZo! Drawing, Manga, Digital Manga

Kelas manga tersedia di semua cabang IkuZo!

Program Manga di IkuZo! terbagi menjadi 3 yaitu program Coloring for Kids, Drawing for Kids dan kelas Manga Profesional.
Pembagian ini dibuat untuk menyesuaikan kemampuan anak dalam penyerapan materi.

Coloring for Kids


Untuk peserta berusia 4-6 tahun.

Program ini bertujuan untuk melatih kemampuan motorik tangan anak untuk menghasilkan sinergi antara koordinasi mata dan tangan dengan menggunakan kegiatan mewarnai gambar sebagai metode basis latihan.

Untuk membuat sebuah karya gambar yang baik sudah tentu dibutuhkan tangan yang luwes dalam menggambar. Latihan mewarnai sangat bagus pada tahap awal dimana anak masih belajar memegang pensil dengan cara yang tepat. Mewarnai juga dapat dipakai sebagai rangsangan untuk menumbuhkan minat anak dalam menggambar dan mengenal keindahan warna.

Program ini tersedia dalam 6 level menggunakan media pensil warna dan crayon (dapat dipilih sesuai keinginan anak).

Drawing for Kids


Untuk peserta berusia 6-13 tahun.

Mencakup dua kurikulum yaitu Shokyuu (dasar) dan Chukyuu (menengah).

Program menggambar Shokyuu bertujuan untuk melatih kemampuan dasar dalam menggambar, yaitu copy drawing skill (kemampuan meniru gambar) dan kemampuan storytelling (kemampuan menceritakan sebuah cerita).

Program ini bertujuan untuk membangun rasa percaya diri dan keberanian anak dalam menuangkan cerita mereka melalui gambar. Materi-materi yang ada dalam level shokyuu ini menekankan pada kemampuan anak dalam menggambarkan karakter yang mempunyai ekspresi, bahasa tubuh atau gerakan yang menggambarkan kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan berbagai referensi yang tersedia, siswa kemudian diminta untuk merangkai gambarnya menjadi sebuah gambar yang bercerita sesuai dengan tema.

Program ini tersedia dalam 12 level:

  • 1A SMALL ANIMAL
    1B BIG ANIMAL
    1C ALL ABOUT ME

  • 2A HUMAN EXPRESSIONS
    2B PROFESSIONS
    2C DAILY ACTIVITY

  • 3A MY HOBBIES
    3B FUN HOLIDAYS
    3C MY FAVORITE PLACES
  • 4A FANTASY WORLD
    4B WORLD TRADITIONAL COSTUMES
    4C SPORTS

Manga Profesional


Untuk peserta berusia 13 tahun keatas.

Bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lengkap tentang bagaimana untuk menjadi seorang mangaka (komikus) profesional. Level ini menitikberatkan pada pengajaran teknik proses pembuatan manga (komik) secara profesional. Siswa akan diajarkan cara membuat manga mulai dari konsep ide, mengarang plot cerita, membuat karakter, memberi penintaan, arsiran dan efek-efek lainnya, menggunakan screentone, hingga bisa menghasilkan manganya sendiri.

Program ini terdiri dari 5 level kelas.

  1. Manga Introduction
    Mengajarkan proses pembuatan manga secara singkat dari proses pembuatan cerita sampai ke produksi. Siswa akan menghasilkan satu atau dua halaman karya manga mereka sendiri

  2. Kouka (Special Effect)
    Kouka adalah level dimana siswa mempelajari tentang seluk-beluk penintaan dalam komik. Materi mencakup penguasaan alat seperti G-Pen dan Maru-Pen, tinta hitam-putih, dsb.

  3. Male Anatomy
    Kemampuan untuk menggambar anatomi pria secara tepat adalah tujuan dari level ini. Pelajaran mencakup kerangka, otot, pose tubuh pria secara lengkap.

  4. Female Anatomy
    Penguasaan gambar tubuh kerangka dan pose wanita serta memahami perbedaannya dari anatomi pria.

  5. Manga Professional
    Waktunya bagi kamu untuk membuat manga sendiri. Kali ini akan diajarkan cara pembuatan plot karakter untuk menghasilkan manga yang berkarakter kuat. Karya akhir siswa berupa manga minimal 8 halaman atau lebih.

Digital Manga Class


Untuk peserta berusia 13 tahun keatas.

Bertujuan untuk melatih kemampuan anak dalam menghasilkan karya dalam bentuk digital menggunakan media komputer atau laptop dan aplikasi pembuatan gambar. Kelas ini ditujukan untuk para murid yang telah memiliki kemampuan dasar menggambar Manga dan atau lulus dari tes yang diberikan oleh para guru. Hal ini berlaku pula untuk murid baru.

Program ini terdiri dari lima level, yaitu:

  1. Digital Color
    Pada level ini, murid akan dilatih untuk mewarnai karya mereka secara digital.

  2. Digital Illustration
    Level ini mengajarkan cara membuat ilustrasi yang baik secara digital. Para murid akan diberikan tips-tips dan penguasaan teknik menggambar manga dengan lebih detail untuk menghasilkan karya ilustrasi profesional. Hasil karya dapat merupakan ilustrasi bebas (cover, background, karakter) ataupun ilustrasi untuk projek manga level berikutnya.

  3. Digital Manga Basic
    Para murid mulai diajarkan langkah-langkah dasar dalam membuat manga secara digital, baik komik pendek ataupun yonkoma. Selain itu juga dilatih dalam membuat karakter utama dari cerita yang akan dikembangkan.

  4. Digital Manga Intermediate
    Murid akan mendapatkan pelatihan dalam pembuatan ide, pengembangan cerita, penggunaan efek, dll. Pembuatan projek manga dalam tahapan ini akan menjadi langkah awal mereka dalam menjadi seorang professional.

  5. Digital Manga Advance
    Tahapan lanjut dalam pengerjaan konsep dari manga yang dibuat. Penekanan pada kemampuan siswa menggunakan berbagai efek dan alat-alat manga lainnya. Hasil akhirnya berupa Manga lengkap dengan cover dll.

Ayo kembangkan bakat menggambar dari sekarang!