Sensei Jepang

Sensei yang juga Kepala Sekolah IkuZo! Japanese Language Center ini merupakan lulusan dari Ritsumeikan Asia Pacific University Jepang. Saat masih di universitas, Fukuda-sensei diwajibkan untuk mempelajari bahasa asing ke-2 selain bahasa Inggris. Fukuda-sensei memilih untuk mempelajari bahasa Indonesia. Baginya, belajar bahasa adalah pengalaman luar biasa karena bahasa bisa memperluas dunia. Melalui pertemanannya dengan orang Indonesia, pengalaman tinggal di Indonesia, Sensei belajar banyak hal baru. Dari pengalamannya itulah, Fukuda-sensei ingin mengajar bahasa kepada kaum muda agar mereka dapat merasakan hal yang sama dan juga memperkaya kehidupannya sendiri.

Bagi sensei yang menyukai makanan Indonesia ini, menyaksikan kesuksesan murid-muridnya lulus Noryoku Shiken atau keberhasilan murid-muridnya berangkat ke Jepang merupakan kebanggaan dan pengalaman yang luar biasa.

Meski berstatus sebagai Kepala Sekolah, bukan berarti tidak bisa mengobrol seru dengan Fukuda-sensei, loh! Karena Fukuda-sensei juga menyukai anime dan manga seperti Yotsuba&! dan Gundam. Bisa jadi bahan obrolan yang seru, kan!? Selain itu Sensei juga hobi baca novel terutama tentang detektif dan juga hobi fotografi. Hasil foto Sensei sangat bagus dan sering dijadikan artikel foto dalam web IkuZo!


Sensei yang sering dipanggil dengan sebutan Yudo-sensei ini adalah salah satu sensei kelas Jepang di IkuZo Greenville dan Kavling DKI. Beliau sangat senang berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan orang lain, sehingga akhirnya beliau memilih menjadi pengajar setelah sebelumnya pernah bekerja untuk perusahaan swasta sambil belajar bahasa Jepang dan akhirnya berhasil lulus level N2. Mengapa beliau memilih mengajar? Karena selain dapat berinteraksi, beliau juga ingin bermanfaat untuk orang lain dengan berbagi ilmu dan pengalaman hidup, baginya akan merasa senang sekali ketika dapat membantu mewujudkan mimpi orang lain seperti sekolah di Jepang, kerja di Jepang, atau bisa berinteraksi dengan orang Jepang.

Yudo sensei lahir dan tumbuh di lingkungan keluarga yang menyukai negara Jepang. Contohnya, Ibu dari sensei ini pernah mengikuti pertukaran mahasiswa ke Jepang, keren yaa, Minna san! Sehingga Yudo sensei kecil sudah tidak awam melihat isi rumah yang penuh dengan pernak-pernik khas Jepang dan berkeinginan untuk bisa bahasa Jepang karena bercita-cita ingin bisa bekerja di Perusahaan Jepang di Jepang maupun yang ada di Jakarta.  Beliau juga sangat meyukai baca komik, nonton anime, mendengarkan lagu Jepang, hingga masakan Jepang. Salah satu band rock Jepang favoritnya adalah L’Arc’En’Ciel atau yang lebih sering disebut dengan sebutan Laruku.

Nah, jika kalian ingin bertukar pengalaman atau bahkan ingin tanya-tanya seputar bahasa Jepang kalian bisa bertanya langsung dengan Yudo sensei yang sangat ramah ini!^^

Sensei yang biasa disapa dengan Ika Sensei ini merupakan anak kedua dari 5 bersaudara. Ika sensei yang merupakan alumni dari YMCA Kyoto dan STKIP Kusuma Negara. Sensei yang memiliki hobi menyanyi dan jalan-jalan ini tenryata pengalaman mengajar bahasa Jepang di SMAN 112, lho minasan!

Alasan Ika sensei menekuni bahasa Jepang dikarenakan Bahasa Jepang memiliki ketertarikan sendiri dari kebudayaan dan etos kerja mereka yang gigih. 

Motivasi dari Ika sensei untuk kalian berlatihlah Bahasa Jepang sesering mungkin dengan cara mendengar percakapan, menonton drama atau berbicara dengan orang Jepang bila ada kesempatan, jangan malu apabila salah. Kalau kita tidak berbicara dan berlatih, kita tidak akan tahu letak kesalahan kita. Wah saran Ika sensei bisa dicoba nih, minasan! ^^

Sensei yang biasa disapa dengan Aurel sensei merupakan anak pertama dari dua bersaudara adalah pengajar kelas bahasa Jepang juga di IkuZo. Sensei yang memiliki nama lengkap Rizky Aurelia Putri Dehars ini lulus dari program studi Jepang di salah satu Universitas Negeri di Depok. Bahkan di tahun 2020 ini Beliau menyelesaikan kembali Pendidikan program S2-nya di Universitas yang sama di sela-sela waktu sibuknya. Beliau juga pernah mengajar bahasa Indonesia untuk orang Jepang yang di tinggal di Indonesia. Wah, keren yaa, Minasan!^^

Di waktu senggang, Beliau biasa menghabiskan waktu untuk mendengarkan musik sambil browsing internet atau mengurus kucing peliharaan di rumah. Sejak kecil Aurel sensei sudah membaca komik Jepang seperti Ninja Hatori dan Detektif Conan serta mendengarkan musik Jepang. Hal ini membuat Aurel sensei tertarik dalam mengenal Jepang lebih dalam lagi dan akhirnya memutuskan untuk berkuliah di program studi Jepang. Baginya mempelajari bahasa Jepang merupakan langkah pertama dalam mengenal Jepang lebih lanjut dari berbagai aspek. Dengan mempelajari bahasa Jepang, kita bisa mendapat gambaran seperti apa masyarakat Jepang berpikir dan berperilaku.

Tips dalam mempelajari bahasa Jepang menurut Aurel sensei adalah sering latihan menulis dalam bahasa Jepang, seperti pola kalimat yang sudah dipelajari, kosakata dan terutama kanji, serta belajar secara rutin walaupun hanya satu jam per hari. Kemudian coba pula latihan membaca bacaan ringan seperti komik anak-anak dalam bahasa Jepang agar kita terbiasa membaca tulisan Jepang.

Sensei yang biasa disapa dengan Gilang Sensei ini merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Gilang sensei merupakan lulusan dengan IPK Cumlaude di Universitas Darma Persada jurusan Sastra Jepang hanya dalam 3,5 tahun, loh. Sensei yang hobi bermain bulutangkis ini ternyata pernah mengajar bahasa Jepang dasar di SMP Labschool, Cibubur dan pernah mengajar orang Jepang bahasa Indonesia di Japanesia. Keren ya, Minasan!

Sejak kecil Gilang sensei sudah sering melihat animasi Jepang di Televisi, dan saat SMP sensei pertama kali melihat anime di luar televisi yang berjudul Clannad, kemudian rasa ingin tahu Gilang sensei tentang Jepang berkembang hingga ingin mempelajari bahasanya, hingga akhirnya sensei melanjutkan kuliah jurusan Sastra Jepang dan sampai saat ini masih terus berusaha mempelajari bahasa Jepang.

Sensei yang biasa dipanggil Ruby sensei ini merupakan anak pertama dari 3 bersaudara dan merupakan lulusan jurusan bahasa Jepang di Universitas Pendidikan Indonesia. Ruby sensei ternyata memiliki pengalaman menjadi konsultan travel ke Jepang, loh.

Hobi Ruby sensei ini lumayan unik, sensei suka sekali dengan kaligrafi Jepang atau Shodo, dan ini juga yang menjadi alasan sensei mulai belajar bahasa Jepang. Sejak kecil Ruby sensei tertarik dengan kebudayaan asia timur khususnya China dan Jepang terutama huruf dan seni tradisionalnya. Ruby sensei memilih bahasa Jepang karena bahasa Jepang punya huruf selain kanji sehingga Ruby sensei tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang.

Motivasi dari Ruby sensei adalah, jangan ragu untuk memulai berbicara, karena kalau tidak dipakai, bahasa akan sangat sulit untuk masuk ke otak, jadi harus berani untuk berbicara, mendengar, menulis dalam bahasa Jepang dalam berbagai kesepatan di kehidupan sehari-hari kita. Semangat!

Sensei Manga

Sensei yang lebih sering dipanggil dengan sebutan Julian-sensei ini merupakan salah satu dari 4 Sensei Manga di IkuZo!. Ia mengajar di cabang Greenville dan Kavling DKI. Sensei ini memiliki beragam hobi dari memasak, membaca, menonton film dan travelling. Tetapi hobi utamanya adalah menggambar dan gundam.

Selain mengajar di cabang-cabang IkuZo! Julian-sensei juga mengjar ekskul di sekolah. Terlebih lagi, ia memiliki pengalaman 10 tahun di industri kreatif dan pendidikan. Sebelum mengajar di IkuZo!, ia pernah memiliki pengalaman menjadi senior illustrator / creative team.

Hobi membaca komik dan menonton anime, Julian-sensei memiliki pandangan bahwa semua komik dan anime memiliki keunikan masing-masing. Namun, komik favoritnya adalah Doraemon dan anime favoritnya adalah serial Gundam UC.


Kalian bisa memanggilnya dengan panggilan Ade-sensei ini dulunya juga pernah menjadi murid Manga IkuZo, lohh. Lalu menjadi pengajar part time saat kuliah hingga lulus kuliah sampai sekarang menjadi pengajar Manga di IkuZo Meruya dan Greenville. Sensei yang memiliki hobi menggambar sambil mendengarkan musik ini suka sekali menggambar digital. Baginya, menggambar digital jauh lebih praktis dan menantang karena ada banyak teknik yang tidak bisa diggunakan di gambar manual tetapi bisa dilakukan di digital. Namun, tak hanya gambar digital saja, Beliau sangat suka belajar macam-macam style gambar, seperti manga, kartun, semi realis, dan lain sebagainya.

Beliau sangat menyukai gambar sejak duduk di bangku sekolaj dasar saat mulai mengenal serial komik Sailoor Moondan Cantik. Dimulai dari copy drawing komik, tokoh fanart anime hingga saat ini Beliau sangat suka eksplor style gambarnya dan membuat berbagai macam karakternya sendiri. Karakter favoritnya adalah Miiko dalam komik Miiko, lalu tokoh yang menginspirasinya adalah Naoko Takeuchi, Ono Eriko, Kim Jung Gi, Kuvshinov Ilya, dan Robert Dejesus.

Pesan dan motivasi dari Ade-sensei untuk kalian yang baru ingin memulai sebuah karya, kalua kalian merasa susah diawal, yang perlu kalian lakukan adalah tabrak aja, nanti lama-lama dapat feel dan mulai kerasa enjoy bahkan bisa nggk mau berhenti untuk menggambar. Lalu, jangan bandingin karya sendiri dengan karya oranglain, karena setiap artist punya style dan pengalaman yang beda-beda. Nikmati saja prosesnya, ya Minna!^^

Sensei yang biasa disapa dengan Nara sensei ini merupakan pengajar kelas Manga di IkuZo Jogjakarta. Beliau juga pernah menjadi ilustrasi freelance untuk menggambar fanart, mendesain karakter untuk proyek komik, coloring lineart, desain cover buku novel, dan sebagainya. Beliau menyukai gambar sejak masih kecil dan inspirasinya saat itu hingga sekarang adalah dari serial anime seperti Dragonball, Inuyasha, Sailor Moon, Let's and Go!, Detective Conan, dan lain-lain yang diputar di televisi setiap Minggu pagi, walaupun hari libur, Nara sensei kecil pasti selalu bangun pagi untuk menyaksikan serial tersebut.

Beliau paling sering menggambar digital dengan berbagai macam software seperti Photoshop, Paint Tool SAI, Clip Studio Paint, Medibang, dan sebagainya. Menurutnya, menggambar digital bisa lebih cepat pengerjaannya dan tidak terlalu banyak untuk stok art supply. Namun, karya Nara sensei baik digital maupun manual sama-sama keren lohh, Minasan!^^

Pesan Nara sensei untuk kalian yang ingin belajar menggambar baik untuk ilustrasi lepas ataupun manga berkelanjutan, mulai terlebih dahulu dari melatih mental dengan menghargai dan memahami kemampuan diri sendiri, jangan terlalu membandingkan diri dengan orang lain dan nikmatilah proses menggambarnya. Juga selalu latihan dengan menggunakan referensi ya, berlatih menggambar dengan menggunakan referensi adalah dasar utama mengembangkan kemampuan menggambar:D

Sensei Sewing


Sensei yang biasa dipanggil dengan Amel-sensei ini merupakan pengajar di IkuZo Sewing. Walaupun terbilang masih muda, namun karya-karyanya tak kalah keren dengan yang sudah lama terjun di dunia fashion. Sensei merupakan lulusan Istituto di Moda Burgo, di Jakarta. Dan memikili pengalaman dalam menerima dan meng-handle sendiri kliennya, namun beliau juga memiliki minat untuk mengajar dan membagikan ilmunya kepada orang lain sehingga kini beliau juga siap dengan telaten mengajari kalian di IkuZo Sewing Pusat.

Alasan mengapa Amel-sensei ingin menekuni dunia fashion karena beliau ingin membangun rasa percaya diri orang-orang terhadap bentuk badan mereka tanpa memikirkan penilaian negatif dari orang sekitar mereka. Beliau ingin mereka tidak menentukan bahwa mereka cantik atau tampan berdasarkan standar kecantikan yang sedang ramai diperbincangkan saat ini, tetapi tetap menjadi diri mereka sendiri yang autentik.

Tokoh panutan beliau adalah Elie Saab, karena menurutnya Elie Saab sangat kreatif dengan pemakaian kain, perpaduan warna, dan stylepakaian yang cenderung elegan walaupun minimalis, pakaian yang diciptakannya mendorong Amel sensei berpikir lebih kreatif. Sensei juga memiliki fashion stylist panutan yaitu Tan France, karena Tan France sangat mengutamakan kepercayaan diri orang dan membuat orang percaya bahwa dengan pemilihan pakaian yang tepat mereka bisa menjadi dirinya sendiri.

Selain Amel-sensei hobi fashion, sensei juga sangat menyukai sketching gambar, seni dan kerajinan, bermain musik, dan memasak. Bahkan, karya seni dan kerajinan Amel sensei juga pernah di publish di akun media sosial Ikuzo, lohh.

ingin bergabung dengan kami?

PT. IkuZo! Indonesia (www.goikuzo.com) sedang membuka lowongan full timer untuk beberapa posisi.