Tips Untuk Mendukung Kamu Belajar Bahasa Jepang

ikuzoLifestyleLeave a Comment

Pada dasarnya, menguasai beberapa bahasa adalah sesuatu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sosial kita. Semakin banyak bahasa yang dikuasai, semakin luas pula pergaulan dan membuat kita mempunyai banyak relasi untuk meraih sebuah kesuksesan.

Mempelajari bahasa asing terutama Bahasa Jepang bukanlah hal yang mudah. Selain harus mempelajari huruf kanji, kita juga harus tau cara pengucapan huruf-huruf tersebut dengan benar. Namun bila kita sudah suka dengan bahasa itu sendiri, mempelajari bahasa bisa lebih menyenangkan.

Berikut ini tips yang mungkin bisa membantu kamu saat mempelajari bahasa Jepang :

Awali dengan niat
Niat yang kuat adalah hal terpenting dalam mempelajari bahasa Jepang secara cepat. Niatan dari hati dan keinginan kuat untuk bisa menguasai bahasa Jepang, akan memudahkan kita untuk belajar dan memahami secara cepat tanpa adanya tekanan. Meskipun kadang ada saja hal-hal tidak terduga, seperti sakit, tidak sempat belajar atau halangan-halangan lainnya, tapi jika dilandasi dengan niat yang kuat, semua halangan tersebut dapat dilawan dengan mudah.

Perkuat motivasi
Selain niat, kita juga membutuhkan suatu alasan atau dorongan yang melandasi mengapa kita harus belajar Bahasa Jepang, yang disebut sebagai motivasi. Perkuatlah motivasi-motivasi yang dapat membuat kita mencapai tujuan tersebut. Banyak orang yang berhenti ditengah jalan dalam mempelajari bahasa Jepang karena tidak memiliki alasan mempelajari bahasa Jepang. Namun, jika kita mempunyai motivasi tinggi untuk melakukan sesuatu, niscaya kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan. Tak terkecuali, mempelajari bahasa Jepang ini.

Biasakan mendengarkan kalimat-kalimat berbahasa Jepang
Banyak orang yang akan paham jika mereka mendengarkan terlebih dahulu. Oleh karena itu, metode mendengarkan kalimat berbahasa Jepang adalah salah satu cara cepat untuk belajar bahasa Jepang dengan efektif. Menonton anime atau drama berbahasa Jepang contohnya, bisa menjadi salah satu cara cepat untuk belajar bahasa Jepang. Dengan menonton drama atau anime Jepang ini, kita akan terbawa dalam alur cerita yang menarik kemudian minat kita untuk mempelajari dan memahami arti dari ucapan-ucapan para karakter tersebut pun bertambah. Seiring kita mendengarkan kalimat berbahasa Jepang, perlahan kita akan mulai memahami tata bahasa, pengucapan dan kosa kata yang biasa dilafalkan oleh orang-orang Jepang.

Latihan berbicara dan mendengar sebanyak mungkin
Kemampuan berbahasa akan lebih terasah bila kita menggunakannya untuk berbicara sehari-hari. Kamu bisa mengambil les bahasa untuk percakapan di IkuZo!, kerjaan sambilan di restoran Jepang, atau mencari teman orang Jepang untuk latihan berbicara. Cara lainnya, kamu juga bisa latihan berbicara dengan menirukan dialog drama. Kamu bisa mempelajari intonasi pengucapan suatu kata. Meskipun intonasi tidak begitu ditekankan dalam bahasa Jepang, tapi terkadang ada satu kata yang memiliki bunyi yang sama namun memiliki makna berbeda sesuai dengan intonasinya.

Tambahkan bahasa Jepang ke dalam rutinitas sehari-hari kamu
Cara penambahan dalam rutinitas ini bisa bermacam-macam, misalnya dengan menempel tabel huruf Jepang atau kata-kata dengan tulisan Jepang di dinding kamar. Selain itu, kamu juga bisa membuat playlist lagu-lagu Jepang di smartphone kamu. Jadi, kamu bisa belajar sambil mendengarkan musik saat bepergian sekalipun.

Selalu menanamkan rasa keingintahuan
Saat kamu menonton anime dan drama, membaca komik, ataupun mendengarkan lagu, kamu akan menemukan kosakata yang tidak kamu mengerti, ayo cari tahu kosakata tersebut. Kita bisa dengan mudah mencari arti kosakata tersebut di internet atau Google Translate.

Bacalah artikel bahasa Jepang
Banyak membaca, berarti banyak yang kita tahu. Dengan membaca bacaan bahasa Jepang, kita akan mengerti bagaimana susunan kalimat-kalimat dalam bahasa Jepang. Kita bisa mencari bacaan bahasa Jepang dari koran atau internet. Metode ini dapat membantu kita dalam menyempurnakan teknik membaca dalam bahasa Jepang dengan cepat. Kalau ingin lebih cepat dan lebih berkembang lagi, kalian bisa mengkombinasikannya antara membaca dan mendengarkan, seperti menonton acara TV Jepang yang biasanya juga terdapat subtitle bahasa Jepang.

Menulis buku harian dengan Bahasa Jepang
Menulis adalah kegiatan yang dapat merefleksi otak untuk mengingat sesuatu. Saat kita menulis, otomatis kita akan berpikir sekaligus melafalkan apa yang hendak kita tulis. Menuliskan hal yang terjadi hari ini dalam buku harian dengan Bahasa Jepang bisa menjadi salah satu cara untuk melatih pola kalimat dan cara menulis. Hal ini bisa menjadi latihan berbahasa yang bagus bila kamu dilakukan setiap hari.

Melatih cara pikir kamu seperti orang Jepang
Untuk meningkatkan kemampuan bahasa agar se-level dengan native speaker, kita perlu memahami cara pikir atau kebudayaan dari negara tersebut. Dengan begitu kita bisa memberikan respon secara alami dalam suatu percakapan.

Itulah cara cepat belajar bahasa Jepang yang perlu kita ketahui. Namun, yang terpenting bukan seberapa cepat kita bisa menguasai bahasa Jepang itu, melainkan seberapa tekun kita mempelajari bahasa Jepang tersebut, ya kan mina-san?

sumber : ohayojepang.kompas, squline (info)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *