Tips Memilih Sekolah atau Universitas di Jepang

ikuzoBelajar di JepangLeave a Comment

Jepang menjadi negara paling maju di Asia dan banyak dipilih menjadi destinasi untuk melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Berikut ini adalah poin-poin persiapan yang harus kalian ketahui dan pertimbangkan untuk merencanakan belajar di Jepang sebelum akhirnya memilih sekolah/universitas tempat kalian akan belajar nanti.

Kualifikasi dan kemampuan apa yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang kalian inginkan?
Menentukan kualifikasi pendidikan yang kalian butuhkan akan sangat membantu kalian dalam memilih 1 di antara 5 jenis lembaga pendidikan di Jepang. Apakah Sarjana, Master, Doktor, Sarjana Muda, Ahli Madya?

Apa yang ingin kalian pelajari?
Apa jurusan/keahlian kalian yang ingin kalian pelajari? Apakah ekonomi, pendidikan, fisika, teknik, informatika, kedokteran, pertanian, design, art, fashion, animasi?

(sumber gambar : ghwired)

Berapa lama waktu yang dibutuhkan?
4 tahun, 2 tahun, 3 tahun, atau kurang dari setahun?

Lembaga pendidikan manakah yang cocok untuk kalian belajar?
Terdapat 5 jenis lembaga pendidikan tinggi yang bisa dimasuki pelajar asing, yaitu College of Technology (Koutou Senmongakkou), Specialized Training College (Senmongakkou), Junior College (Tanki Daigaku), Universitas, dan Pasca Sarjana.

  • Sekolah Bahasa Jepang

Sebelum sekolah diploma, sekolah kejuruan atau universitas, biasanya calon mahasiswa belajar bahasa Jepang di sekolah bahasa Jepang di Jepang terlebih dahulu. Kemampuan berbahasa Jepang diperlukan untuk memperlancar kegiatan akademik, kehidupan sehari-hari dan meningkatkan peluang kerja dan bisnis. Durasi belajar bahasa Jepang di Jepang adalah 1 sampai 2 tahun, setelah itu masuk sekolah tinggi kejuruan atau universitas. Namun, beberapa sekolah bahasa juga menyediakan program jangka pendek mulai dari 1-6 bulan untuk belajar bahasa. Jika memiliki impian untuk melanjutkan pendidikan di Jepang, dan saat ini masih SMP, SMA atau masih kuliah, kami sarankan untuk ikut kursus bahasa Jepang dulu di Indonesia supaya durasi belajar bahasa Jepang di Jepang semakin singkat (meskipun mungkin belajar bahasa Jepang di Jepang memang lebih efektif).

(sumber gambar : suasana kelas di akamonkai japanese language school)
  • Diploma

Sekolah diploma di Jepang disebut Tanki Daigaku (tanki = durasi singkat, daigaku = universitas). Sekolah diploma mirip dengan universitas, menekankan pada pengetahuan dan pemahaman di bidang keilmuan tertentu (bukan keterampilan), tetapi dalam waktu hanya 2 tahun.

  • Sekolah Tinggi Kejuruan (Specialized Training College dan College of Technology)

Sekolah tinggi kejuruan di Jepang disebut Senmongakkou. Senmongakkou di Jepang adalah tempat untuk belajar keterampilan di bidang keahlian tertentu. Pelajar yang telah lulus dari senmongakkou akan siap bekerja sebagai profesional sesuai bidang keahlian yang dipelajarinya. Kelebihan belajar di sekolah tinggi kejuruan dibandingkan dengan sekolah diploma atau universitas adalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan pada bidang keahlian tertentu. Sekolah-sekolah tinggi kejuruan di Jepang menyediakan beragam pilihan bidang keahlian, misalnya IT, desain, desain grafis, animasi, fotografi, otomotif, hospitality & tourism, musik, fashion, dll.

(sumber gambar : suasana kelas seiyuu di toho gakuen)
  • Universitas dan Pasca Sarjana

Universitas di Jepang sama dengan universitas di Indonesia, memiliki durasi pendidikan 4 tahun untuk sarjana, 2 tahun untuk master dan 3 tahun untuk doktor.

(sumber gambar : blog.gaijinpot -tokyo university-)

Untuk masuk ke Universitas di Jepang program sarjana, Junior College, Specialized Training College dan Colleges of Technology, syaratnya adalah pelajar yang telah menyelesaikan masa pendidikan formal 12 tahun. Sedangkan untuk yang akan melanjutkan ke Universitas program pasca sarjana (program magister) harus telah menyelesaikan masa pendidikan 16 tahun.

Tahun akademik di Jepang normalnya dimulai dari bulan April dan berakhir di bulan Maret tahun berikutnya, namun beberapa universitas untuk program pasca sarjana banyak juga membuka kelas di bulan September atau Oktober. Hampir sebagian besar Universitas di Jepang mengadaptasi sistem semester, dengan semester pertama dimulai pada bulan April ke September dan semester kedua dari bulan Oktober ke Maret. Beberapa Universitas ada juga yang memiliki sistem caturwulan.

Berapa banyak biaya yang dibutuhkan?
Biaya kuliah di Jepang relatif lebih murah dibanding biaya kuliah di Amerika dan Inggris. Biaya masuk dan biaya kuliah tahun pertama untuk program S1 di Jepang sekitar 820,000 yen (sekitar 102 juta rupiah) untuk Universitas Negeri, 930,000 yen (sekitar 116 juta rupiah) untuk local public university, dan 1,100,000 sampai 1,640,000 yen (sekitar 137 sampai 204 juta rupiah) untuk universitas swasta (selain kedokteran gigi). Selain itu terdapat sistem keringanan biaya kuliah, keringanan biaya hidup bagi mahasiswa asing dan tersedia lebih banyak beasiswa dibandingkan negara lain. Biaya kuliah untuk tahun pertama meliputi uang masuk, biaya kuliah, penggunaan fasilitas, peralatan, dsb.

Berbagai biaya di atas belum ditambah dengan biaya hidup, tiket penerbangan, dan visa. Biaya hidup per orang di Jepang umumnya berkisar Rp 10 juta per bulan. Pengeluaran ini sebenarnya bisa dikurangi dengan melakukan beberapa penghematan. Salah satunya dengan tinggal di asrama kampus yang tentunya lebih hemat.

(sumber gambar : begoodjapan dormitory di shinjuku japanese language institute)

Dengan menghitung total biaya yang akan dibayarkan baik sebelum dan saat belajar di Jepang dan membuat kepastian perencanaan keuangan akan menbantu kalian lebih menikmati kehidupan di Jepang dan lebih stabil dalam menjalani kehidupan di sana. Pastikan kalian telah melakukan perencanaan keuangan sebelumnya, dan tidak mengandalkan mendapatkan beasiswa atau pendapatan dari bekerja part time untuk biaya pendidikan kalian saat belajar di Jepang.

Berapa lama persiapan yang dibutuhkan?
Mempersiapkan sendiri untuk belajar di Jepang mempunyai banyak keuntungan. Selain sangat ekonomis, juga kalian dapat memutuskan sendiri sekolah/universitas pilihan kalian. Tetapi jika kalian memiliki keterbatasan informasi dan berkomunikasi terkendala bahasa, kalian juga bisa menguhubungi IkuZo! yang akan memberikan berbagai informasi tentang sekolah dan universitas sesuai dengan tujuan kalian dan siap memberikan konsultasi GRATIS untuk mempersiapkan kalian belajar ke Jepang.

IkuZo! memiliki mitra Sekolah Bahasa Jepang, Sekolah Kejuruan, Sekolah Diploma dan Universitas di Jepang yang bisa dilihat di halaman berikut. Perencanaan adalah kunci kesuksesan. Jika mempunyai impian belajar ke Jepang, kami siap membantu kalian mewujudkan impian tersebut. Kami juga menyediakan konsultasi GRATIS dan informasi lebih lanjut tentang belajar di Jepang. Silahkan hubungi IkuZo! di +62 822 5839 9998.

featured image : blog.gaijinpot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *