Tips dan Trik membuat Line Art yang rapih

ikuzoAnime, News, Tips belajar gambar MangaLeave a Comment

Apakah kalian familiar dengan kata “Line Art” dalam menggambar? Yaps, sering kali Line Art bisa juga disebut Outline atau garis tepi saat kita menggambar suatu objek. Pada umumnya, Line Art berwarna gelap seperti hitam, namun kalian bisa lohh, berkreasi warna sesuka kalian.

Nah, kali ini IkuZo akan memberikan tips dan trik membuat Line Art yang rapih dengan media digital. Aplikasi software yang dapat digunakan bisa di Photoshop CC, Clip Studio Paint, Paint Tool SAI, ataupun aplikasi sejenis untuk menggambar digital.

Yuk, kita simak bersama. Kalian juga bisa langsung praktikkan, lohh…

A picture containing clock

Description automatically generated

Pilihlah dan setting brush yang kamu sukai. Untuk pemula, pilihlah brush tanpa tekstur yang pinggirannya halus dan tidak blur.

Setting brush kamu agar ujung garis yang dihasilkan agak meruncing, ini akan mempermudah kamu saat membuat Line Art untuk rambut dan lipatan baju.

A close up of text on a white background

Description automatically generated

Gunakan dan atur Stabilizer, yang berfungsi untuk mengatur kecepatan tarikan garis brush kamu. Stabilizer dapat membuat garis kamu semakin smooth dan halus, serta memudahkan kamu membuat garis lengkung yang sempurna.

Masing-masing aplikasi memiliki nama dan lokasi yang berbeda untuk efek ini. Pada SAI disebut Stabilizer, pada Photoshop CC disebut Smoothing, dan pada CSP disebut Stabilization.

A close up of a piece of paper

Description automatically generated

Setelah mengatur brush dan stabilizer, kalian bisa aplikasikan ke sketsa yang kalian akan berikan Line Art.

Gunakan sketsa gambar yang bentuknya sudah terlihat jelas. Selain itu, berikan sketsa tadi warna yang berbeda dari warna yang akan dipakai untuk Line Art, hal ini akan memudahkan kamu saat men-tracing nanti.

Kemudian, turunkan Opacity antara 10% – 50%.

A close up of text on a white background

Description automatically generated

Setelah sketsa kamu diturunkan opacity­-nya, buatlah layer baru diatas layer sketsa yang akan digunakan untuk membuat Line Art.

Mulailah men-tracing secara perlahan. Gunakan garis pendek yang disambungkan dengan garis lainnya jika kesulitan membuat garis panjang sekaligus.

Variasikan ketebalan garis untuk bagian-bagian yang sekiranya perlu ditebalkan.

A close up of text on a white background

Description automatically generated

Selesai!

Bagaimana? Mudah bukan?

Semangat berlatih menggambarnya yaa Minna san… Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Untuk info mengenai tutorial, gambar manga, atau bahkan bahasa jepang bisa kalian lihat di akun Instagram @ikuzoindo yaa Minna san! (Link: https://www.instagram.com/ikuzoindo/?hl=id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *