Serunya Belajar Menggambar Manga Bersama IkuZo!

ikuzoNewsLeave a Comment

Kursus di luar sekolah menjadi salah satu solusi bagi para orangtua dalam membantu anak mempelajari kesenian seperti kursus menggambar. Kursus menggambar sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan jiwa seni pada anak. Daripada membiarkannya mengisi waktu kosong dengan bermain gadget yang memiliki banyak pengaruh kurang baik, dengan menggambar, anak dapat memanfaatkan waktu untuk mengembangkan serta mentrasformasikan imajinasinya. Anak akan belajar bagaimana melukis semua hal, sesuai dengan imajinasi dan kreativitasnya. Benda-benda yang dikenal maupun tidak dikenalnya, sosok yang biasa ia temui atau bahkan belum pernah sekalipun bertemu. Selain itu, ia juga belajar memadumadankan warna, merangkai objek gambar, sehingga terciptalah sebuah kreasi seni dalam kertas maupun digital.

Bagi seorang anak, menggambar adalah salah satu bagian dari aktivitas menyenangkan yang sangat penting dalam proses pertumbuhannya. Dengan menggambar, seorang anak dapat belajar berbagai hal yang menjadi dasar untuk memahami sesuatu maupun berimajinasi untuk mengembangkan ide-idenya. Menggambar juga bisa dimanfaatkan sebagai media penyalur emosi yang positif dengan membuat coret-coretan di atas kertas. Kita bisa melihatnya dari warna-warna yang dipilihnya hari itu, misalnya ketika anak memilih warna-warna cerah, besar kemungkinan hatinya sedang gembira saat itu.

Dengan menggambar, juga bisa menjadi buah ekspresi kecerdasan interpersonal anak. Bagaimana aktivitas, interaksi, dan komunikasi sehari-hari yang diekspresikan dalam gambar. Lewat gambar yang dibuatnya, anak bisa menuangkan segala gagasan dan pendapat-pendapat yang terpendam. Dengan demikian, tidaklah keliru jika dikatakan bahwa menggambar dapat meningkatkan kreativitas anak dan melatih kemampuan motorik halusnya.

(Karya Kezia, 11 tahun – IkuZo! Dokumentasi)

IkuZo! Manga adalah lembaga pendidikan non-formal untuk belajar membuat menggambar manga manual dan digital yang memfasilitasi pengembangan talenta anak mulai dari usia 4 tahun hingga remaja. IkuZo! memahami apa yang menjadi kebutuhan seorang anak melalui kegiatan menggambar dengan mengembangkan berbagai metode belajar yang menyenangkan sehingga setiap anak dapat mengembangkan idenya secara bebas melalui tahap-tahap yang sudah dipelajarinya. Didukung oleh tim sensei (guru) yang terlatih dan profesional, kami mempersiapkan generasi muda untuk mengembangkan daya kreatifitas, inovasi, rasa ingin tahu dan rasa percaya diri sejak dini agar pengetahuan yang mereka miliki dapat diaplikasikan secara inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari. Murid diarahkan untuk dapat mengeluarkan ide cerita mereka dalam bahasa gambar. Jadi selain belajar menggambar, anak juga dilatih kemampuannya dalam mengarang cerita dan berani mengemukakan idenya kepada orang lain.

Kurikulum kami terbagi menjadi 5, yaitu Coloring for Kids (mulai usia 4 tahun), Shokyuu (mulai usia 6 tahun), Chukyuu (mulai usia 10 tahun), Manga Profesional, dan Manga Digital (mulai usia 13 tahun).

Coloring for Kids, bertujuan untuk melatih kemampuan motorik anak dalam menghasilkan sinergi antara koordinasi mata dan tangan dengan menggunakan kegiatan mewarnai gambar sebagai metode basis latihan. Latihan mewarnai sangat bagus pada tahap awal dimana anak masih belajar memegang pensil dengan cara yang tepat.

(Salah satu murid IkuZo! sedang mengikuti kelas Coloring for Kids – IkuZo! Dokumentasi)
(Karya Kenisha, 10 tahun – IkuZo! Dokumentasi)

Shokyuu (level dasar), bertujuan untuk melatih kemampuan dasar anak dalam menggambar, yaitu copy drawing skill (kemampuan meniru gambar) dan kemampuan storytelling (kemampuan untuk bercerita). Anak diajarkan untuk menggambar berbagai karakter dan pose-pose tubuh ekspresi sehari-hari dengan tema yang telah ditentukan.

(Karya Mei Mei, 13 tahun – IkuZo! Dokumentasi)
(Karya Aulia, 18 tahun – IkuZo! Dokumentasi)

Chukyuu (level menengah), anak akan diajarkan bagaimana cara menggambar terutama karakter manusia dengan menggunakan teori kerangka. Selain itu, pada level Chukyuu juga diajarkan ilmu menggambar perspektif, yaitu sebuah rumusan dan cara yang akan digunakan untuk membuat ilusi latar belakang yang mempunyai kesan kedalaman.

(Karya R, 22 tahun – IkuZo! Dokumentasi)
(Karya Ima – IkuZo! Dokumentasi)

Manga Profesional, level ini menitikberatkan pada pelatihan dan pengajaran teknik proses pembuatan manga (komik) secara profesional. Murid akan diajarkan cara membuat manga mulai dari konsep ide, mengarang plot cerita, membuat karakter, memberi tinta, arsiran dan efek-efek lainnya, menggunakan screentone, hingga ia dapat menghasilkan manganya sendiri.

(Suasana kelas manga profesional – IkuZo! Dokumentasi)
(Kegiatan menggambar manga dari murid IkuZo! saat Tokyo Summer Course 2015 – IkuZo! Dokumentasi)

Manga Digital, pada level ini diajarkan menghasilkan komik atau manga dengan menggunakan alat dan software yang tepat. Murid akan belajar mengenai teknik pewarnaan, pembuatan ilustrasi, hingga pengerjaan karya manga profesional secara digital.

(Karya digital Ridwan – IkuZo! Dokumentasi)
(Suasana workshop manga digital saat IkuZo! Jakarta Course 2015 – IkuZo! Dokumentasi)

Belajar menggambar, khususnya bagi anak melalui proses yang panjang bahkan banyak melibatkan segala potensi psikologis anak seperti kemauan, lingkungan, bakat, juga perlu peranan orang tua. Dalam dunia menggambar, anak selalu benar meski si anak itu membuat garis tidak lurus atau membuat lingkaran menjadi lonjong, karena dalam proses belajar menggambar, si anak harus memupuk keberanian tanpa batasan. Tim pengajar kami akan mengajak siswa untuk berimajinasi dan menggunakan berbagai alat gambar, seperti spidol besar (marker), pensil warna, crayon, water color, dll.

IkuZo! telah merancang program, men-setting ruangan dan suasana, meyediakan media alat, serta secara berkala mengadakan evaluasi untuk selalu meningkatkan kualitas program kegiatan, sehingga menjamin seluruh peserta didik dapat meraih semua manfaat dari kegiatan menggambar dan mewarnai ini secara menyenangkan.

(Susana kelas manga – IkuZo! Dokumentasi)

Kalau anak mempunyai minat besar dalam menggambar, maka jangan ragu lagi untuk mengembangkan minatnya dengan memberikan sarana dan prasarana untuk anak. Minat anak yang dipelihara dengan baik akan membuahkan prestasi yang besar. Mari kita semua menghargai hak anak dengan cara memberi kesempatan untuk berkembang melalui dirinya sendiri.

Semua program-program belajar di IkuZo! disusun untuk membuat murid bukan hanya bisa menggambar, namun juga untuk dapat mengembangkan ide-ide kreatifnya dengan cara yang menyenangkan. Rata-rata jumlah murid per kelas di IkuZo! diikuti oleh 6-7 murid, menjadikan kegiatan belajar-mengajar lebih efektif dan interaktif. Orang tua murid juga bebas menentukan waktu yang sesuai dengan jadwalnya dan anaknya.

Di Indonesia, IkuZo! telah hadir sejak 2006 dan saat ini telah berkembang di berbagai wilayah, seperti Greenville, Jatiwaringin, Cibubur, Mataram, Jogja, dan Solo. IkuZo! pusat sendiri berlokasi di Meruya, di Jl. Penyelesaian Tomang IV Blok 95 No. 31 Kavling DKI, Kembangan, Meruya Utara, Jakarta Barat.

Nah, untuk para orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya untuk FREE trial class di IkuZo!, dapat menghubungi +62 822 5839 9998 (IkuZo! pusat) dan simak juga berbagai update kami di Instagram @ikuzoindo.

Bergabunglah dengan ratusan anak lain yang sudah asyik menikmati belajar sambil bermain di IkuZo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *