Mengajukan Permohonan Visa Pelajar Untuk Kuliah di Jepang

ikuzoBelajar di JepangLeave a Comment

Jika kalian ada rencana untuk belajar di Jepang, maka kalian akan membutuhkan visa. Ya, visa merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki siapa saja yang hendak pergi ke luar negeri. Baik itu untuk berlibur, kunjungan kerja, atau yang ingin menempuh pendidikan seperti kalian. Namun, mengurus visa ini bisa terbilang susah-susah gampang. Dalam artikel ini, IkuZo! akan memandu kalian untuk melalui proses mendaftar visa pelajar ke Jepang step by step.

  • Menentukan Visa yang Kalian Butuhkan

Visa yang kalian butuhkan tergantung pada berapa lama durasi kalian akan belajar di Jepang :

  1. Kursus jangka pendek hingga 90 hari : banyak negara yang dapat mengunjungi Jepang hingga 90 hari dengan bebas visa. Ketika tiba di Jepang, kalian akan mendapatkan stiker di paspor kalian yang menunjukkan bahwa kalian dapat tinggal di Jepang selama 90 hari. Selama waktu itu, kalian bisa mengambil kursus bahasa di Jepang. Namun, dengan pembebasan visa ini, kalian harus memiliki tiket kembali dalam waktu 90 hari.
  2. Lebih dari 90 hari, tetapi kurang dari 20 minggu : Jepang tidak mengeluarkan visa pelajar kurang dari 20 minggu sehingga satu-satunya solusi adalah melakukan apa yang disebut “visa run” dengan tinggal selama 90 hari di Jepang, kemudian melakukan perjalanan ke negara terdekat, seperti Korea, lalu kembali ke Jepang untuk 90 hari lagi setelah masuk kembali.
  3. Kursus jangka panjang 20 minggu-2 tahun: Untuk kursus selama 20 minggu atau lebih, kalian harus mengajukan permohonan visa pelajar dengan mengikuti semua prosedur, seperti calon siswa harus berusia 18 tahun atau lebih, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/sederajat.
  • Mendaftar Kuliah di Jepang

Setelah kalian memutuskan berapa lama kalian belajar, inilah saatnya untuk mendaftar kuliah di Jepang. Jika kalian akan mengambil kursus jangka panjang dan mengajukan permohonan visa pelajar, proses aplikasi dilakukan melalui universitas tempat kalian mendaftar. Batas waktu untuk aplikasi visa biasanya sekitar lima bulan sebelum kursus dimulai, jadi pastikan untuk mendaftar lebih awal dari itu sehingga kalian mempunyai banyak waktu untuk melengkapi semua dokumen.

  • Mengisi Dokumen Aplikasi Visa Pelajar

Untuk mengajukan visa pelajar ke Jepang ada beberapa langkah. Pertama, kalian harus mengisi berbagai dokumen aplikasi visa dan mengirimkannya ke universitas tempat kalian mendaftar, seperti pada langkah kedua sebelumnya. Biasanya secara garis besar dokumen aplikasi ini terdiri dari :

  1. Formulir aplikasi untuk mengisi data diri kalian. Pastikan untuk selalu menuliskan nama kalian seperti yang tertulis di paspor.
  2. Formulir riwayat pribadi untuk mengisi riwayat pendidikan dan pekerjaan kalian. Isi sebanyak mungkin. Pada formulir ini kalian juga harus mengisi beberapa rincian tentang anggota keluarga.
  3. Isi esai aplikasi dengan alasan mengapa kalian ingin belajar di Jepang. Tulis lebih dari 1-2 kalimat.
  4. Transkrip nilai dari sekolah terakhir kalian lulus dan perlu diterjemahan ke Bahasa Jepang atau Inggris, tergantung permintaan dari sekolah/universitas yang kalian tuju.
  5. Sertifikat kemampuan bahasa Jepang jika ada.
  6. Salinan paspor.
  7. Foto paspor
  8. Riwayat kesehatan

Kalian juga perlu membuktikan bahwa kalian dapat membayar biaya kuliah dan membiayai diri kalian sendiri selama di Jepang. Untuk itu, biasanya kalian juga perlu mengirimkan :

  1. Surat pernyataan siapakah yang akan menjamin kalian dalam segi finansial selama di Jepang. Nominal uang tersebut harus mencukupi biaya sekolah dan biaya hidup kalian selama di Jepang.
  2. Sertifikat saldo rekening bank yang menunjukkan bahwa penjamin kalian memiliki uang yang dibutuhkan dan mencukupi untuk biaya sekolah dan biaya hidup kalian selama di Jepang (biasanya setidaknya 1600000 Yen).
  3. Surat keterangan bekerja dari penjamin kalian dan kalian sendiri, jika sudah bekerja.
  4. Perjanjian tertulis dari penjamin kalian bahwa akan membayar biaya yang diperlukan selama kalian berada di Jepang.
  5. Jika semua dokumen aplikasi di atas sudah lengkap, kemudian universitas akan memeriksa kembali, sebelum mereka menulis ulang dan mengirimkannya ke otoritas imigrasi di Jepang.
  • Mendapatkan CoE
contoh ceritificate of eligibility (sumber gambar : sydney.au.emb-japan.go)

Setelah universitas menerima dokumen aplikasi kalian, mereka akan mengirimkannya ke otoritas imigrasi. Sekitar satu bulan sebelum kuliah dimulai, mereka akan mengeluarkan Certificate of Eligibility (CoE). Universitas akan mengirimkannya kepada kalian setelah kalian menyelesaikan pembayaran awal yang dibutuhkan. Pastikan kalian membayarnya tepat waktu.

Formulir ini diterbitkan oleh Departemen Kehakiman di Jepang. Inilah alasan mengapa sebaiknya mengurus visa lewat universitas/sekolah tempat kalian mendaftar, Certificate of Eligibility membuat pengajuan visa lebih mudah dan cepat.

  • Mendaftar di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia

Langkah terakhir untuk mendapatkan visa pelajar ke Jepang adalah membuat aplikasi visa di Kedutaan Besar Jepang di negara asal. Kalian perlu menyiapkan :

  1. CoE
  2. Paspor
  3. Foto paspor
  4. Formulir aplikasi visa diisi secara digital atau dengan tangan menggunakan huruf besar.
  5. Tulis universitas tempat kalian mendaftar sebagai penjamin “Penjamin atau referensi di Jepang”
  • Mendapatkan Visa

Jika kalian mengajukan aplikasi lengkap, kalian pasti mendapatkan visa dari Kedutaan Besar Jepang. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada tempat kalian melamar, tetapi biasanya disarankan untuk melamar setidaknya dua minggu sebelum kalian berangkat ke Jepang. Setelah semuanya beres maka kalian dapat berangkat ke Jepang dan mulai belajar!

Mewujudkan cita-cita untuk berkuliah di luar negeri adalah hak setiap orang. Karena itu, pastikan dokumen-dokumen kalian seperti visa pelajar sudah benar-benar siap. Jangan sampai keberangkatan kalian ke negeri sakura jadi terhambat karena visa pelajar yang belum selesai.

sumber : hotcourses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *