Makoto Shinkai, Animator Jepang yang Identik dengan Cerita yang Bikin ‘Baper’

ikuzoAnimeLeave a Comment

Bagi kalian pecinta anime, sudah pasti tidak asing dengan nama Makoto Shinkai. Makoto Shinkai adalah sosok dibalik kerennya animasi yang sedang menjadi trending topic saat ini, yaitu “Weathering with You”. Pihak distributor film, Toho, mengatakan Weathering with You menghasilkan angka debut yang lebih besar daripada Kimi no Na wa, karya Makoto Shinkai sebelumnya. Selain ini, ada juga beberapa karya terdahulunya yang tidak kalah sukses di pasaran, seperti The Garden of Words, 5 Centimeters per Second.

Animator yang bernama asli Makoto Niitsu ini lahir di Koumi, prefektur Nagano, Jepang pada 9 Februari 1973. Beliau mempelajari sastra di Universitas Chuo dan merupakan anggota klub sastra remaja di universitasnya. Kemudian resmi berkarier di belakang layar lebar sebagai sutradara, penulis, produser, animator, serta sinematografer sejak 1999.

Sejak kecil, Makoto Shinkai merupakan penggemar karya-karya Hayao Miyazaki terutama Castle in the Sky yang dirilis pada 1986 dan bahkan beliau disebut sebagai “The New Miyazaki” setelah aktif terlibat dalam dunia animasi Jepang karena banyak mendapatkan penghargaan. Hayao Miyazaki adalah pembuat film-film Studio Ghibli.

Ciri khas dari karya Makoto Shinkai adalah selalu terlihat menggunakan palet warna cerah, visual pemandangan yang jelas, mendetail, dan efek yang indah memanjakan mata serta cerita imajinatif yang banyak menyajikan kisah cinta dua remaja yang tidak saling memiliki sehingga banyak membuat penontonnya baper alias terbawa suasana.

Nah, dari film anime Makoto Shinkai yang disebutkan di atas, film mana yang menjadi favorit kalian?

Sumber : jurnalotaku (gambar), kincir, cnnindonesia (info)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *