Legenda Dunia Animasi Jepang, Hayao Miyazaki

ikuzoAnimeLeave a Comment

Siapa yang tidak mengenal Hayao Miyazaki? Hayao Miyazaki adalah salah satu legenda dalam dunia animasi Jepang, bahkan dunia. Seperti yang kita tahu, Miyazaki telah sukses mendirikan rumah animasi Studio Ghibli sejak 1985. Selain Spirited Away, ada Princess Mononoke, Castle in the Sky, Kiki’s Delivery Services, Ponyo, Grave of the Fireflies dan yang lainnya yang selalu sukses di pasaran dan mendapatkan berbagai penghargaan.

Sebelumnya, penggemar seluruh dunia sempat kecewa ketika Miyazaki mengumumkan pengunduran dirinya di industry film pada 2013. Namun, 3 tahun kemudian, sang master animasi kembali dan dikabarkan menggarap How Do You Live?. Film tersebut direncanakan rilis sekitar Olimpiade Tokyo 2020.

Ciri khas dari film animasi buatan Ghibli adalah unsur alam yang dijadikan sebagai warisan yang harus dilindungi, kedekatan tokoh-tokohnya dengan alam, serta karakter anak perempuan yang kuat dan mandiri. Pendiri Studi Ghibli ini sejak kecil sangat terobsesi dengan pesawat terbang, mungkin karena itulah banyak film animasi karya beliau yang melibatkan petualangan di atas awan.

Uniknya, meskipun cerita digambarkan membawa tema yang tidak ringan, Hayao Miyazaki selalu berhasil menempatkan film animasinya menjadi film yang cocok untuk segala usia. Hal ini tergambarkan dalam tokoh utama yang selalu dipasangkan dan tampak seperti kisah percintaan pada awalnya, namun ternyata Hayao Miyazaki sedang membawa penonton ke dalam jalinan persahabatan para tokohnya. Tokoh antagonis juga tidak selalu digambarkan sebagai sosok yang jahat, melainkan sosok yang juga memiliki kasih sayang yang hagat dan mendapat banyak simpati dari penontonnya.

Itu tadi beberapa karya terbaik dari Sutradara berusia 77 tahun itu. Film animasi mana yang belum kalian tonton?

Sumber : latimes (gambar), idntimes, kincir (info)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *