Kuliah dalam Bahasa Inggris di Jepang

ikuzoBelajar di JepangLeave a Comment

Dalam “kamus internasionalisasi” pendidikan tinggi di Jepang, penggunaan bahasa Inggris adalah hal mutlak yang diterapkan sebagai bahasa pengantar kuliah. Di sisi lain, bahasa Jepang tetap masuk dalam kurikulum tersendiri sebagai keahlian khusus yang harus dimiliki mahasiswa internasional. Karena bagaimanapun, bahasa Jepang mutlak diperlukan mahasiswa untuk menjalani kehidupan sehari-harinya dengan nyaman di negeri sakura ini. Dengan meningkatkan pengetahuan bahasa Jepang, mahasiswa bisa memanfaatkan kemampuannya untuk bekerja di perusahaan Jepang atau instansi-instansi global ke depannya.

Kuliah di Jepang adalah cara terbaik untuk berbaur dengan kebudayaan mereka yang menarik. Bukan hanya sebagai salah satu kota paling aman di dunia, Jepang juga memiliki 21 situs warisan budaya UNESCO. Jika kalian ingin kuliah ke Jepang, tetapi belum bisa berbahasa Jepang, kalian bisa kuliah di salah satu dari beberapa universitas Jepang berikut ini yang menawarkan program gelar dalam bahasa Inggris :

University of Tokyo

University of Tokyo atau Todai, adalah universitas Jepang dengan peringkat tertinggi yang menawarkan banyak program kuliah dalam bahasa Inggris, terutama untuk jenjang studi pascasarjana. Kalau sudah TOP-rank, pasti banyak diburu oleh mahasiswa lokal dan internasional, itulah mengapa mereka memiliki beberapa program studi dalam bahasa Inggris.

Kalian bisa mencari program kuliah S1 dalam bahasa Inggris di University of Tokyo di sini.

Atau program kuliah S2 & S3 dalam bahasa Inggris di University of Tokyo di sini.

Sophia University

(sumber gambar : stofficetokyo)

Berlokasi di Tokyo, Sophia University adalah universitas Katolik dan merupakan universitas pertama di Jepang yang menawarkan program kuliah dalam bahasa Inggris. Beberapa program yang terkenal dari universitas ini adalah program Master dan Doktoral jurusan studi lingkungan global, teknik, studi global dan linguistik (TESOL : Teaching English to Speakers of Other Languages).

Sophia University juga menyediakan beasiswa penuh untuk mahasiswa internasional yang bisa kalian lihat di sini.

Hokkaido University

Hokkaido University berdiri sejak 1876 dan awalnya dikenal sebagai Sapporo Agricultural College. Universitas ini kuat dalam bidang science, humaniora dan sociology. Hokkaido University menawarkan banyak pilihan program gelar dalam bahasa Inggris untuk mahasiswa internasional. Beberapa di antaranya adalah jurusan teknik mekanik, teknik luar angkasa, fisika terapan, matematika, ilmu lingkungan dan masih banyak lagi.

Akita International University

(sumber gambar : ameblo/saki)

Selain menawarkan program kuliah dalam bahasa Inggris, Akita Internasional University juga menawarkan program One Year Study Abroad, dimana mahasiswa bisa kuliah di salah satu dari 187 universitas rekanan Akita Internasional University yang tersebar di 47 negara, tanpa biaya tambahan.

Kyoto University

(sumber gambar : usnews)

Kyoto University menawarkan banyak fasilitas dan dukungan mahasiswa yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Program kuliah dalam bahasa Inggris tersedia untuk jurusan teknik tingkat sarjana. Sedangkan untuk tingkat pascasarjana, ada lebih banyak pilihan jurusan, meliputi ekonomi, teknik, agrikultur, ilmu energi, informatika, biomedis, kedokteran, ilmu lingkungan global, sains, dan manajemen.

Waseda University

(sumber gambar : manoa.hawaii)

Waseda University menawarkan cukup banyak pilihan program kuliah dalam bahasa Inggris. Awalnya, program-program tersebut dirancang khusus untuk mahasiswa internasional. Akan tetapi, ternyata banyak juga mahasiswa Jepang yang mendaftar untuk program kuliah dalam bahasa Inggris. Beberapa contoh program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris adalah matematika, teknik matematika, teknik sipil dan lingkungan, kimia, biosains, fisika, ilmu politik, ekonomi, media, ilmu komputer dan teknik komunikasi.

Selain 6 universitas di atas, masih banyak universitas Jepang lainnya yang juga menawarkan program kuliah dalam bahasa Inggris, yaitu :

  • Doshisha University
  • Hiroshima Jogakuin University
  • Internasional Christian University
  • Kyushu University
  • Meiji Gakuin University
  • Meiji University
  • Miyazaki Internasional College
  • Nagoya University
  • Nagoya University of Commerce & Business
  • Okayama University
  • Ritsumeikan University
  • Tama University
  • Temple University
  • Tohoku University
  • Tokyo Christian University
  • University of Tsukuba
  • Yamanashi Gakuin University
  • Yokohama National University

Jadi, bagi kalian yang belum bisa bahasa Jepang, jangan berkecil hati ya, mina-san, mungkin bisa mencoba jurusan yang menggunakan bahasa Inggris. Untuk konsultasi, kalian bisa hubungi IkuZo! langsung di +62 822 5839 9998. Kami juga menyediakan konsultasi GRATIS dan informasi lebih lanjut tentang belajar di Jepang. Jika mempunyai impian belajar ke Jepang, kami siap membantu kalian mewujudkan impian tersebut. IkuZo! memiliki mitra Sekolah Bahasa Jepang, Sekolah Kejuruan, Sekolah Diploma dan Universitas di Jepang yang bisa dilihat di halaman berikut.

sumber : hotcourses, edukasi.kompas, vistaeducation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *