Kehadiran Ikuzo di Comifuro ke-13

ikuzoEventsLeave a Comment

Acara seputar dunia kreatif terkemuka di Indonesia, Comic Frontier kembali diadakan untuk yang ketigabelas kalinya pada tanggal 7-8 September 2019 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta. Comic Frontier, atau yang biasa disingkat menjadi Comifuro, merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun 2 kali di awal tahun dan menjelang akhir tahun.

Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comifuro telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event. Tak hanya diisi oleh mereka yang menyukai anime, manga dan berbagai hal yang berkaitan dengan budaya Jepang lainnya, acara ini juga mulai diramaikan oleh para kreator yang menyajikan berbagai pernak-pernik pop culture lainnya, seperti komik barat, budaya K-pop, komik Indonesia, hingga berbagai karya indie original lainnya yang tak kalah menarik.

Selain diramaikan oleh kehadiran para kreator, event Comifuro 13 juga dimeriahkan oleh kehadiran perusahaan-perusahaan baik yang bergerak di industri kreatif mulai dari Ciayo, Re:on sampai dengan perusahaan yang bergerak di bidang edukasi seperti IkuZo!.

(Staff IkuZo! di Booth Comifuro 13 – IkuZo! Dokumentasi 2019)
(Beberapa pengunjung Comifuro 13 yang sedang melakukan konsultasi dengan salah satu staff IkuZo! – Dokumentasi IkuZo! 2019)

Sebagai satu-satunya perusahaan yang bergerak di bidang edukasi yang hadir di event Comifuro 13. IkuZo! tidak saja membuka kesempatan untuk para pengunjung Comifuro 13 untuk bisa melakukan sesi konsultasi atau tanya jawab seputar IkuZo!, namun juga IkuZo! mengadakan sesi workshop di stage yang membahas bagaimana untuk menjadi seorang professional illustrator atau kreator.

(Suasana Workshop HOW TO BE PROFESSIONAL ILLUSTRATOR – IkuZo! Dokumentasi 2019)

Di workshop tersebut salah satu staff pengajar IkuZo! yaitu Julian-sensei memberikan tips dan trick bagaimana menjadi seorang professional illustrator atau kreator serta bagaimana kita bisa belajar untuk menentukan sebuah harga untuk karya kita tanpa harus merusak harga pasar.

Selain itu Julian-sensei juga memberikan 4 poin penting dalam dunia profesional. 4 Poin tersebut adalah :

1. Be Collaborative

2. Be an Open Box

3. Be Creative and Bold

4. Drawing Style

Memang menurut Julian-sensei untuk menjadi seorang profesional bukanlah hal yang mudah dan butuh pengalaman, serta pembelajaran yang banyak. Namun Julian-sensei berpesan jika kalian memang memiliki tekad yang kuat untuk masuk ke dalam dunia professional illustrator dan kreator, pasti kalian bisa.

Nah, demikianlah liputan seputar Comic Frontier 13 atau yang lebih dikenal sebagai Comifuro 13. Bagaimana teman-teman, tertarik untuk menjadi seorang yang profesional di bidang illustrasi, komik atau mau menjadi seorang kreator?

Jika kalian masih memiliki pertanyaan atau mau curhat mengenai masalah menggambar, komik atau bakat-bakat kalian lainnya, jangan ragu untuk menghubungin IkuZo! di nomor 082258399998.

Sampai bertemu lagi di next event ya!

“IKUZO! – YUME NI MUKATTE“

-MARI MERAIH MIMPI-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *