Cross Hatched Shading Tutorial

ikuzoTips belajar gambar MangaLeave a Comment

Apakah kamu masih sering bingung bagaimana membuat gambar kita tampak realistis? Masih ada yang kesulitan untuk membagi poin-poin highlight, mid-tones dan shadow dalam menggambar?

Kali ini IkuZo akan memberikan tips menggambar mengenai Cross Hatched Shading. Teknik ini sering digunakan oleh para artist untuk membuat efek bayangan dan dimensi, lho. Walaupun terlihat sederhana, tetapi untuk membuat sebuah artwork yang tampak realis, diperlukan latihan sehingga terbiasa membagi poin-poin highlight, mid-tones dan shadow dalam porsi yang tepat .

Yuk, kita simak bersama!

Langkah pertama, setelah membuat sketsa gambar karakter kamu, tentukan terlebih dahulu posisi arah datangnya cahaya untuk mengetahui letak bayangan pada suatu gambar.

.

Kemudian arsir bagian bayangan dengan garis lurus yang sejajar secara beraturan dan searah, awal tarikan garis arsir usahakan dimulai dari garis lineart.

.

Buat arsiran kedua diatas sebagian arsiran pertama di sisi tengahnya atau yang lebih dekat dengan lineart, untuk kesan bayangan yang lebih gelap.

.

Ulangi langkah sebelumnya dengan posisi arsiran menyilang dari arsiran yang laim, khususnya di daerah sudut lineart agar gambar terkesan lebih bervolume.

.

Dan, taraaa! Selesai!^^

Bagaimana? Mudah bukan?

Semangat berlatih menggambarnya yaa Minna san… Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Untuk info mengenai tutorial, gambar manga, atau bahkan bahasa jepang bisa kalian lihat di akun Instagram @ikuzoindo yaa Minna san!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.