Belajar Animasi di Jepang

ikuzoAnime, Belajar di JepangLeave a Comment

Siapa sih yang tidak tahu anime? Anime merupakan animasi asal Jepang. Berbicara mengenai animasi, kita semua setuju bahwa Jepang adalah surganya. Tak diragukan lagi bahwa Jepang cukup memimpin pada sektor yang satu ini. Hal ini dapat terlihat dari berbagai anime dan film science fiction Jepang yang seringkali meraih berbagai penghargaan internasional. Hal serupa juga terlihat dari antusiasme masyarakat Indonesia dalam menyambut dan menyaksikan anime-anime Jepang yang seringkali mampu menyita perhatian masyarakat.

Industri anime sudah berkembang pesat sehingga saat ini banyak sekolah kejuruan dan universitas di Jepang yang menyediakan jurusan animasi. Dengan tingkat popularitas yang tinggi, tidak heran kalau masyarakat Jepang memiliki keseriusan dalam mempelajari dunia animasi. Sekolah dan universitas animasi ini terbuka bagi siapa saja, termasuk kalian. Bagi kalian yang tertarik untuk mempelajari animasi, berikut ini rekomendasi universitas dan sekolah kejuruan di Jepang yang dapat menyalurkan ketertarikan kalian pada dunia animasi.

UNIVERSITAS :

  • Digital Hollywood University
(sumber gambar : commons.wikimedia)

Dikenal sebagai ibu kota negara Jepang, Tokyo memiliki universitas-universitas terbaik. Buat kalian yang ingin belajar tentang dunia perfilman, animasi, desain grafis, 3D dan berbagai macam cabang kreatif lainnya di Jepang, DHU (Digital Hollywood University) adalah sebuah universitas swasta di Jepang yang saat ini duduk di peringkat kedua, dengan lebih dari 90.000 lulusan dan mahasiswa yang datang dari 32 negara. DHU memiliki 35% mahasiswa internasional, sehingga kemungkinan kalian menemukan orang Indonesia lain di universitas ini sangatlah besar. Ujian masuknya juga diadakan di Jakarta, jadi kalian tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk ikut ujiannya. Kalau kalian masih belum yakin tentang universitas ini, lihat dulu jajaran pengajar yang dapat kalian temui dalam kampusnya, antara lain :
Suwa Michiko : Produser anime (Meitantei Conan, City Hunter, dll)
Takehiko Shinjo : Sutradara film/J-Drama (Paradise Kiss, dll)
Fukui Tomoko : Ilustrator dan Animator (Meitantei Conan, Digimon, Gundam)

  • Tokyo University of Art

Tokyo University of Art memiliki memiliki satu jurusan khusus untuk animasi, yaitu departemen animasi. Tokyo University of Arts menghasilkan banyak lulusan yang terkenal di industri anime. Namun, Tokyo University of Arts hanya membuka program belajar untuk jenjang graduate school atau istilah Indonesianya yaitu pascasarjana.

  • Tama Art University

Tama Art University menyediakan jurusan graphic design untuk mempelajari animasi. Di universitas satu ini, kalian dapat belajar menempuh program sarjana selama 4 tahun.

  • Kyoto Seika University
(sumber gambar : global.risd)

Kyoto dikenal sebagai kota industri anime terbaik saat ini. Hal ini dikarenakan adanya Kyoto Animation yang merupakan industri anime yang terkenal di Jepang. Selain memiliki industri anime, Kyoto juga memiliki kampus untuk jurusan animasi yang bernama Kyoto Seika University. Di sini mahasiswa akan dituntut untuk membuat tugas akhir animasi terbaik yang nantinya akan diakui oleh berbagai lembaga animasi.

  • Osaka University of Arts

Osaka University of Arts merupakan universitas dengan jurusan animasi yang terkenal di Osaka. Universitas ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang canggih untuk menunjang pembelajaran. Di sini mahasiswa tidak hanya diajarkan menggambar animasi saja, Osaka University of Arts juga mengajarkan mahasiswanya untuk mempelajari struktur bisnis industri animasi secara nasional dan internasional.

  • Yokohama University of Art & Design
(sumber gambar : yokohama-art.ac)

Yokohama University of Art & Design adalah universitas khusus desain yang berada di Yokohama. Jurusan animasi merupakan salah satu jurusan yang terkenal di universitas ini. Yokohama University of Art & Design baru terbentuk tahun 2009 lalu, namun kredibilitas dari universitas ini tidak perlu diragukan lagi.

SEKOLAH KEJURUAN :

  • Osaka Animation College

Jika berbicara tentang jurusan yang terkait animasi terutama anime, pastinya tidak akan lepas dari Osaka Animation College. Selama dua tahun bersekolah di sini, kalian akan diajari tentang seluk beluk pembuatan animasi yang baik dan benar. Mulai dari yang menggunakan metode manual hingga metode analog.

Terdapat dua jurusan yang memiliki hubungan erat dengan industri anime. Pertama adalah jurusan Voice Actor yang terdiri dari beberapa kursus, yaitu Anime Voice Actor Course, Anime Song Course, Voice Actor & Staff Course, Idol Voice Actor Course, Anime Musical Course, serta Voice Actor & Anime Song Course. Kedua adalah jurusan Creative Design yang terdiri dari kursus Animation Production Course, Cartoon Course, Comic Illustration Course, Novelist Course, General Animation Course, Anime Staff Course, serta 3DCG Course. Berbagai pilihan kursus tersebut tentu sangat cocok bagi kalian yang memiliki ketertarikan khusus terhadap industri anime, baik dari segi pembuatan animasi maupun pengisi suara.

  • Yokohama Design College
(sumber gambar : academiccourses)

Yokohama Design College merupakan sekolah kejuruan yang mengkhususkan diri dalam bidang fashion design, animasi, dan manga. Harap diingat bahwa sekolah ini merupakan “college” yang artinya hanya akan memperoleh gelar diploma. Waktu yang diperlukan untuk mempelajari animasi di Yokohama Design College yaitu 2 tahun.

  • Japan Animation and Manga College
(sumber gambar : uk-anime)

JAM (Japan Animation and Manga College) di prefektur Niigata ini memiliki track record yang cukup baik dalam bidang animasi dan manga. Dikatakan bahwa JAM memberikan suasana yang nyaman bagi siswanya untuk belajar menggambar dan kemudian mendukung siswanya untuk mengubah gambarnya menjadi pekerjaan untuk menghasilkan uang. Oleh sebab itu juga, JAM memiliki tingkat employment yang sangat baik, yaitu hingga 100%. Hal ini menunjukkan bahwa semua lulusan JAM dapat menggunakan pengetahuannya untuk bekerja di bidang animasi.

  • Tokyo Design Academy

Kalian bisa memilih untuk memperoleh pendidikan animasi Jepang dari Tokyo Design Academy. Sekolah ini dikenal sebagai lembaga pendidikan khusus desain. Pilihan jurusan yang bisa kalian temukan cukup beragam, termasuk di antaranya adalah manga, animasi, desain grafis, desain interior, ataupun desain virtual. Di sekolah animasi ini, kalian akan menjalani masa pendidikan selama 2 tahun.

  • Tokyo Net Wave

Tokyo Net Wave memang merupakan sekolah animasi yang relatif baru berdiri di Jepang. Namun, sekolah animasi ini merupakan pecahan dari Tokyo Designer Gakuin College. Per tahun 2017, semua siswa yang tergabung dalam departemen animasi serta kreator game, dipindahkan ke Tokyo Net Wave. Perlu kalian ketahui bahwa Tokyo Designer Gakuin College merupakan sekolah yang kerap menerima pelajar dari luar Jepang, lho!

  • Nihon Kogakuin College
(sumber gambar : commons.wikimedia)

Opsi selanjutnya yang bisa kalian pilih sebagai tempat untuk memperoleh pendidikan animasi di Jepang adalah Nihon Kogakuin College, yang memiliki kampus di tiga kota yaitu Hokkaido, Kamata, serta Hachioji. Di sini, kalian akan memperoleh pengetahuan terkait proses pembuatan animasi secara menyeluruh. Kalian bisa memilih untuk belajar tentang cara membuat storyboard, voice over, ataupun penerapan teknologi CG dalam animasi.

Itulah beberapa sekolah kejuruan dan universitas yang direkomendasikan untuk mempelajari animasi. Memiliki karir di bidang animasi bukanlah ide yang buruk, karena merupakan salah satu karir terbaik dengan gaji terbaik di dunia, dan merupakan hobi yang sangat menarik dan menyenangkan. Tidak banyak hobi yang dapat dijadikan pekerjaan yang menyenangkan dengan gaji besar di dunia ini. Hanya saja, untuk bisa belajar animasi Jepang, kalian perlu belajar bahasa Jepang secara mendalam, setidaknya sampai pada tingkat N1 atau N2.

Kesempatan belajar animasi di Jepang, bisa memberikan manfaat besar. Di sini, kalian tidak hanya bisa belajar tentang cara pembuatan film animasi secara komprehensif, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk mengenal budaya Jepang lebih mendalam. Asyik, kan? Bagaimana, tertarik untuk kuliah jurusan animasi di Jepang?

sumber : niindo, idntimes, anibee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *