Drawing Girl: Reading Book

ikuzoTips belajar gambar MangaLeave a Comment

Kegiatan membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat sekali, bisa dilakukan saat senggang maupun di sela-sela kegiatan lainnya. Di era modern saat ini, membaca tak hanya dapat dilakukan menggunakan buku, koran, ataupun yang berbentuk kertas, namun kini kamu bisa membaca menggunakan smartphone, tablet, atau PC di platform media digital. Ada banyak sekali bacaan yang dapat kamu cari dari, mulai dari berita terkini, hiburan, pengetahuan umum, dan lain-lain untuk menambah wawasanmu. Jadi, yuk kita membaca! Karna membaca bisa kita lakukan di mana dan kapan saja hanya dalam genggaman.

Nah, kali ini IkuZo akan memberikan tips dan trik menggambar seseorang yang sedang membaca. Kita simak bersama, yuk!^^

Langkah pertama, kamu perlu membuat sketsa atau rangka gambar. Untuk kesan santai, buat garis badan condong ke belakang. Ini juga untuk membuat kesan karakter seperti sedang bersandar ke sesuatu di belakangnya, bisa dinding atau sofa.

.

Selanjutnya buat detil seperti yang diinginkan dengan menyesuaikan bentuk rangka. Perhatikan bagaimana arah jatuhnya rambut dengan kepala yang tertunduk dan perhatikan juga sedikit lipatan rok ketika karakter dalam posisi duduk.

.

Tebalkan garis rangka tadi dengan garis tebal-tipis dengan memainkan penekanan pada pena.

Cara ini opsional, kamu bisa memberi lineart dengan cara yang kamu suka, bisa dengan garis tebal-tipis maupun dengan garis yang ketebalannya stabil.

.

Warnai dengan warna dasar dengan bucket tool atau pen maupun kombinasi keduanya.

Jika masih ragu dengan pilihan warna, kamu bisa gunakan menu edit-tonal correction dan atur brightness, hue, dan lain-lain sampai kamu menemukan warna yang cocok.

.

Berikan shading atau bayangan dengan warna yang lebih gelap untuk bagian yang tidak terkena cahaya. Gunakan tool eraser atau blend untuk memberi kesan soft pada shading.

.

Terakhir, beri efek lighting dengan menggunakan tool airbrush yang di setting combine mode-nya menjadi soft light untuk kesan cahaya yang ringan.

.

Bagaimana? Mudah bukan?

Semangat berlatih menggambarnya yaa Minna san… Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Untuk info mengenai tutorial, gambar manga, atau bahkan bahasa jepang bisa kalian lihat di akun Instagram @ikuzoindo yaa Minna san!

Leave a Reply

Your email address will not be published.